Kwan Im Temple, Pematang Siantar - Tertinggi se Asia Tenggara


Vihara Avalokitesvara, kuil tempat  Dewi Kwan Im ini adalah salah satu situs budaya dan agama Budha di Sumatera Utara. Kuil yang menyuguhkan suasana yang asri dan menakjubkan ini terletak di pusat kota Pematang Siantar. Salah satu tempat yang tidak akan dilewatkan oleh wisatawan domestik dan manca negara.


Dari ceritanya, kuil ini dibangun selama 3 tahun lamanya dan diresmikan pada tanggal 15 November 2005. Hal yang luar biasanya adalah semua bahan-bahan yang digunakan untuk membangun kuil ini dan arsiteknya didatangkan langsung dari Negeri China, woww....


Berbicara soal tata letak dan arsitekturnya, setiap sisi kuil memiliki sentuhan nilai seni dan simbol keagamaan. Ketika memasuki kuil kita akan menemukan kolam yang mengelilingi kuil, karena air adalah salah satu elemen keseimbangan semesta, sehingga ketika memasuki halaman utama kuil, kita akan melewati tangga berupa jembatan kecil yang menghubungkan halaman depan dan halaman utama. 


Kuil ini terdiri dari dua lantai; lantai bawah merupakan ruangan untuk sembahyang, dan lantai dua terdiri dari halaman luas, disinilah Patung Dewi Kwan Im berdiri.

Memasuki lantai dasar, kita bisa melihat salah satu keindahan khas negeri China itu, lampion yang digantung di teras cukup memberi kesan dalam tentang kuil dan China. Disini terdapat dupa yang cukup besar sebagai tempat membakar hio. 

Di teras utama ini juga kita bisa melihat tiang-tiang peyangga gedung yang begitu kokoh dan diukir dengan pahatan naga yang begitu indah dan artistik di setiap tiangnya.

 

Jika kita sudah berada di teras kuil, kita juga bisa melihat 3 lembar batu marmer bertulis indah dan tertempel di dinding gedung. Ini adalah daftar sejumlah baris doa yang dipanjatkan oleh umat kepada sang Dewa. 




Pemandangan indah lainnya terdapat di sekeliling kuil, kita bisa berimajinasi betapa kuil ini dipenuhi keharmonisan, kekuatan, kedamaian dan kesempurnaan melalui kehadiran sejumlah patung dewa, penghuni kahyangan mengelilingi tempat suci ini.



Dan inilah pemandangan saat menyelesaikan anak tangga terakhir dan memasuki lantai dua. Halaman yang begitu luas dan asri, sontak memberi pemandangan dan kesan begitu tenang dan damai. Dan Sang Dewi pun menyambut dengan senyuman yang ramah dan sambutan keterbukaan.




Halaman di depan Patung Dewi tergantung dua buah lonceng berukuran besar, yah...mungkin cukup membangunkan satu kampung...



Patung sang Dewi sendiri di dampingi oleh dua dewa yang bertugas untuk mencatat kebaikan dan keburukan setiap orang. 



Begitulah banyaknya hal yang akan menghantarkan kita pada kediaman sang Dewi Kwan Im.


Patung Sang Dewi sendiri dikerjakan oleh arsitek dari China. Patung ini berdiri setinggi 22,8 Meter.


Hal yang istimewa dari Patung ini, selain bahan dan pengerjaannya yang luar biasa, di dahi sang Dewi juga diberikan sebongkah berlian yang melambangkan penghormatan kepada sang Dewi dan sebagai bukti kemakmuran warga.



Jika anda berada di Medan dan sekitarnya, sempatkanlah untuk  berkunjung melihat sang Dewi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar