Museum Pusaka Nias, Gudangnya Budaya Taditional Kepuluannias


Kepulauannias.com, – Galery budaya adalah hal mutlak dimiliki oleh setiap daerah. Dinias, Penyimpanan berharga tentang berbagai peninggalan budaya dapat anda temukan di “Museum Pusaka Nias“.
Museum Pusaka Nias
Museum Pusaka Nias
Museum Pusaka Nias adalah salah satu wadah untuk melestarikan nilai-nilai budaya Nias. Museum Pusaka Nias dikelola oleh Persaudaraan Kapusin Propinsi Sibolga. Informasi yang lebih lengkap tentang museum ini dapat diperoleh di Website Resmi Museum Pusaka Nias (pusaka-nias.org).
Jadi, Bagi anda yang sedang mencari informasi guna menelusuri keindahan yang dalam budaya di Nias, Maka wajib berkunjung keMuseum ini.
Tak hanya itu saja, dalam musem ini juga ada flora dan fauna yang sangat jarang jarang ditemui alias mulai disadari kepunahannya. Anda akan menemukan berbagai macam binatang dari yang buas, langka dan unik  seperti buaya, beo nias dan masih banyak lagi.
Museum Pusaka Nias memang memelihara beberapa jenis fauna Nias yang ada hubungannya dengan mite-mite atau dongeng dan sering dilukiskan sebagai simbol untuk mengekspresikan suatu idea, umpamanya: ular, buaya, kancil, monyet, biawak, kura-kura, kijang, burung beo, dll. Semua hewan ini dipelihara di kompleks Museum Pusaka Nias.
Disamping itu diMuseum memiliki program yang bertujuan untuk Pelestarian lingkungan melalui pelatihan pemanfaatan tanaman obat tradisional Nias.
Gedung Museum Pusaka Nias terdiri dari 4 paviliun sebagai ruangan pameran dan beberapa gedung penunjang sebagai kantor operasional, tempat miniatur rumah-rumah tradisional, balai pertemuan (omo bale), rumah tamu, halaman batu-batu megalit dan kantin.
Jenis koleksi Museum Pusaka Nias meliputi Etnologi, Arkeologi, Numismatik, Keramik, Histori, Biologi, Seni Rupa dan Teknologi. Jumlah koleksi lebih 6500 buah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar