Pantai Pangandaran

pangandaran ciamisJika anda terbiasa berjalan menyusuri pantai berpasir putih atau kecoklatan, maka lain halnya yang akan anda nikmati di Pantai Pangandaran, Jawa Barat. Pantai berpasir hitam dan putih, ombak tenang dan pemandangan matahari terbenam (sunset) yang memukau lebih dari cukup bagi pengunjung untuk berlama-lama di pantai ini. Selain itu, kemudahan akses ke pantai ini seakan mengundang pengunjung untuk datang kapanpun.
Pantai Pangandaranterletak di Desa Pananjung, Kabupaten Ciamis atau sekitar 92 km arah selatan Kota Ciamis. Dibanding pantai lainnya, Pangandaran menyuguhkan banyak keunikan yang justru membuatnya semakin eksotis di mata pengunjung. Berikut adalah beberapa keunikan Pangandaran:
  • Jika anda hanya melihat matahari terbit dan tenggelam di tempat yang berbeda di pantai lain, di pantai ini anda dapat menikmati keindahannya di satu tempat yang sama.
  • Karena jarak antara pasang dan surut yang relatif lama, anda pun tidak perlu cemas dengan masalah keamanan di pantai ini
  • Pantai dengan pasir putih yang indah
  • Difasilitasi dengan regu penyelamat pantai
  • Ekosistem laut yang masih belum terjamah oleh tangan manusia
  • Terdapat goa alam dan buatan seperti Goa Panggung, Goa Parat, Goa Sumur Mudal, Goa Lanang dan Goa Jepang.
Cara terbaik untuk menyusuri Pantai Pangandaran adalah dengan berjalan kaki, karena anda bisa menikmati hangatnya pasir pantai. Tak perlu khawatir kelelahan, anda juga bisa menyewa sepeda agar dapat mengelilingi pantai lebih cepat.
Nah, menjelang berakhirnya liburan, anda bisa berbelanja souvenir atau oleh-oleh berupa hasil kerajinan laut, seperti gelang, cincin, atau kalung serta miniatur papan surfing untuk orang-orang tercinta di rumah. Selain itu, daerah Ciamis juga terkenal dengan makanan unik berbahan dasar ikan asin. Anda bisa mendapatkannya sebagai oleh-oleh.

Rute Menuju Pantai Pangandaran

Ada beberapa rute yang bisa anda pilih untuk liburan ke Pantai Pangandaran, diantaranya:
  • Jalur Darat. Dari Jakarta, naik bus di Terminal Kampung Rambutan menuju Pangandaran. Setelah itu anda dapat naik becak ke gerbang Pantai Pangandaran.
  • Jalur Kereta. Pilih kereta dengan jurusan Banjar, selanjutnya anda dapat naik bus menuju Pangandaran.
  • Jalur Udara. Naik pesawat dari Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta) menuju Nusawiru, Pangandaran.

Begitu indahnya Pantai Pangandaran dan akan semakin lengkap jika anda mampir ke Green Canyon sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar